We present a concept of social enterprise/social entrepreneurship based in Mollo, Timor and utilize the natural and cultural potential for economic improvement as well as the empowerment of local communities, particularly young people. Our focus includes literacy, art-culture and the creative economy. This project involves the youth community, village library as a center for arts and culture, homestay and creative economy. It is located in Jl. Kampung Baru, No. 2, Village of Taeftob, District of North Mollo, South Central Timor, East Nusa Tenggara, Indonesia 85552. Telp./Whatsapp 081338037075. E-mail: lakoat.kujawas@gmail.com.

Selasa, 09 Mei 2017

Lakoat.Kujawas Art Space


DI LAKOAT.KUJAWAS, kami membangun ruang kreatif sederhana selain perpustakaan warga. Ruang ini menjadi tempat berkumpul anak-anak, remaja, orang muda dan orang tua yang tinggal di desa Taiftob. Berkumpul, berdiskusi, nonton film, berlatih teater, menari dan baca puisi. Kami sadar bahwa potret Mollo hari ini adalah banyaknya generasi muda usia produktif yang pergi menjadi pekerja di luar NTT bahkan di luar Indonesia, dengan begitu banyak risiko di tangan. Generasi muda, khususnya anak-anak yang ditinggalkan di rumah nenek atau kerabat dekat juga bukan tanpa risiko. Mereka bertumbuh dengan banyak kekosongan. 

Dengan diibantu banyak sekali relawan dari SoE dan Kupang, baik seniman, dosen, peneliti, aktivis, dsb melakukan beberapa project kreatif bersama: workshop teater, pemutaran film, kelas menulis kreatif hingga pementasan/presentasi dalam medium mini festival. Sudah dua kali dalam setahun terakhir kami menyelenggarakan dua mini festival dengan lebih dari 15 kelas/workshop seni dan literasi dengan melibatkan lebih dari 70 anak dan orang muda desa Taiftob. 

Kami bahkan memulai semua ini dari sumber daya dan aset yang ada. Anak-anak membawa pisang dan ubi dari kebun mereka, untuk dinikmati bersama teman-teman dan para relawan fasilitator saat sesi latihan. Para orang tua mengirim kue-kue dan ubi rebus saat festival berlangsung. Satu dua kawan dan jejaring kami mengirim bantuan: cat air, pinsil warna, gitar dan masih banyak lagi. Kami berharap ada yang mendonasikan infocus untuk kami supaya bisa dipakai untuk acara nonton film dua minggu sekali. 

Jika anda ingin terlibat dalam ruang seni kami ini sebagai donatur atau relawan pengajar (musik, tari, teater, menulis, bahasa Inggris), silakan kontak 081338037075 atau email lakoatkujawas@gmail.com


worksho teater bersama Linda Tagie

Workshop tari bersama Samrid Neonufa


English class bersama Randi Tamelan

art therapy: melukis di telur plastik



Belajar menenun bersama mama Via



Tidak ada komentar:

Posting Komentar