We present a concept of social enterprise/social entrepreneurship based in Mollo, Timor and utilize the natural and cultural potential for economic improvement as well as the empowerment of local communities, particularly young people. Our focus includes literacy, art-culture and the creative economy. This project involves the youth community, village library as a center for arts and culture, homestay and creative economy. It is located in Jl. Kampung Baru, No. 2, Village of Taeftob, District of North Mollo, South Central Timor, East Nusa Tenggara, Indonesia 85552. Telp./Whatsapp 081338037075. E-mail: lakoat.kujawas@gmail.com.

Selasa, 09 Mei 2017

Tenun Mollo

Lakoat.Kujawas adalah kewirausahaan sosial yang lahir di desa Taiftob, Mollo, Timor Tengah Selatan, yang mengintegrasikan ruang kerja kolaborasi, komunitas kesenian dengan ruang keseniannya, pusat pengarsipan, perpustakaan warga dan homestay yang dikelola oleh warga. Kami juga membuat toko oleh-oleh khas Mollo seperti tenun dan beberapa produk pertanian seperti kopi Mollo, sambal lu'at khas Mollo, selai nanas, madu hutan dan lain sebagainya. Berkolaborasi dengan para petani dan penenun lokal, kami menciptakan produk dengan kualitas terbaik dan mudah dijangkau (dibeli) konsumen. Kontak kami di 081338037075 atau email lakoatkujawas@gmail.com untuk informasi dan pembelian. Seluruh barang dikirim langsung dari desa Taiftob menggunakan jasa Pos Indonesia atau dari kota kabupaten terdekat, kota SoE, jika ada yang ingin menggunakan jasa JNE.

Produk tenu yang kami jual diprosuksi oleh perempuan penenun dari desa-desa terdekat di Lakoat.Kujawas. Kami lebih banyak menjual syal atau selendang tenun karena lebih ekonomis dan itu yang lebih banyak dibeli. Harga syal tenun Mollo berkisar antara Rp. 65,000 hingga Rp. 200,000 tergantung motif, teknik tenun dan ukuran (minimal ukuran 20cm x 120cm hingga 40cm x 130cm). Untuk produk tenun yang lebih besar seperti sarung dan selimut, harus lewat proses pemesanan terlebih dahulu dengan jangka waktu pemesanan 2 Minggu hingga 1 bulan. Kisaran harga sarung dan selimut tenun antara Rp. 650,000 hingga Rp. 2,000,000, tergantung teknik tenunan, kualitas bahan dan motif.

70% produk tenun dari kami masih menggunakan benang dan pewarna sintetis, sisanya menggunakan benang toko (warna putih) kemudian diwarnai menggunakan pewarna alam sesuai kebutuhan.

Kain tenun khas Mollo adalah seperti dua foto pertama berikut. Warna khasnya Merah dan Putih dengan jenis motif bernama Pauf Kolo.


















3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kalo pesan salendang kaya foto no 12 itu bisa atau tidak..
    Kalo bisa lebarnya cuman 1 jengkal jari orang dewasa & panjangnya 1 mtr 30.
    Dan harganya kena berapa kalo seukuran seperti yg saya pesan.

    BalasHapus