We present a concept of social enterprise/social entrepreneurship based in Mollo, Timor and utilize the natural and cultural potential for economic improvement as well as the empowerment of local communities, particularly young people. Our focus includes literacy, art-culture and the creative economy. This project involves the youth community, village library as a center for arts and culture, homestay and creative economy. It is located in Jl. Kampung Baru, No. 2, Village of Taeftob, District of North Mollo, South Central Timor, East Nusa Tenggara, Indonesia 85552. Telp./Whatsapp 081338037075. E-mail: lakoat.kujawas@gmail.com.

Jumat, 19 November 2021

tfua pah mencari ilustrator dan penerjemah

 


tfua pah hadir di lakoat.kujawas merespons musim tanam yang sedang berlangsung di desa taiftob. tfua pah sendiri adalah serangkaian ritual yang biasanya dilakukan dimulai dari menyiapkan lahan dan bibit hingga tanam dengan meminta restu uis pah, penguasa tanah. ritual ini berangsur hilang sejak masa kolonialisme hingga sekarang dengan berbagai faktor seperti agama, revolusi hijau, sistem dan kebijakan pangan/pertanian dan modernitas. tfua pah mengajarkan tentang relasi dan keseimbangan antara manusia dan alam, hal-hal yang kerap diperbincangkan manusia modern hari ini ketika dihadang berbagai isu krisis iklim, pangan dan malnutrisi. padahal praktik dan nilai itu sudah eksis sejak lama namun dipaksa untuk hilang. 

tfua pah menjadi asing bagi generasi muda hari ini yang tak bisa dipungkiri lebih banyak mengenal dunia luar. sistem pendidikan kita masih saja mengajarkan orang-orang di desa/kampung untuk pergi bukannya untuk tinggal. menghadirkan kembali konsep ini, memperbincangkan, mengarsip tuturnya, mereka ulang beberapa bagiannya sembari dirayakan dengan lokakarya fotografi, teater, penerjemahan dongeng, ilustrasi kuliner, pidato kebudayaan hingga menenun dan musikalisasi puisi. sebagai komunitas yang sedang giat mendokumentasikan pengetahuan lokal, tfua pah kami rakayakan dengan serangkaian lokakarya hingga pentas virtual. ada buku kumpulan cerpen dan resep pangan lokal, juga buku kumpulan dongeng dalam tiga bahasa (mollo, indonesia dan inggris) yang juga sedang kami persiapkan. seperti ritual tfua pah yang mengiringi musim tanam, serangkaian lokakarya dan pentas virtual ini juga ingin mengiringi semangat mengarsip pengetahuan adat di desa taiftob. 

kalian semua diundang untuk terlibat dalam lokakarya (para ilustrator dan penerjemah) juga membeli buku-buku terbitan kami sembari menonton pertunjukan mollo: perempuan dari gunung (info ini bisa kalian simak di media sosial patjar merah). 

untuk teman-teman ilustrator dan penerjemah yang ingin terlibat bersama warga desa taiftob khususnya para army cabang mollo untuk kerja pengarsipan pengetahuan adat, silakan kontak wa 081338037075 atau email lakoat.kujawas@gmail.com. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar