We present a concept of social enterprise/social entrepreneurship based in Mollo, Timor and utilize the natural and cultural potential for economic improvement as well as the empowerment of local communities, particularly young people. Our focus includes literacy, art-culture and the creative economy. This project involves the youth community, village library as a center for arts and culture, homestay and creative economy. It is located in Jl. Kampung Baru, No. 2, Village of Taeftob, District of North Mollo, South Central Timor, East Nusa Tenggara, Indonesia 85552. Telp./Whatsapp 081338037075. E-mail: lakoat.kujawas@gmail.com.

Senin, 07 Januari 2019

Intip Agenda Kreatif di Komunitas Lakoat.Kujawas di Awal Tahun 2019

Sebagai komunitas dengan model warga aktif dan kewirausahaan sosial, salah satu yang kami kerjakan adalah menghidupkan kembali kebiasaan menenun yang hampir ditinggalkan karena kelesuan pasar. Kami coba yakinkan kembali para mama dengan memperkenalkan platoform penjualan online (via Instagram @lkjws.co). Pelan-pelan rasa percaya itu muncul. Initiatif untuk membuat lokakarya pewarnaan benang kemudian dilakukan secara swadaya melibatan mama-mama yang lain termasuk para orang muda desa. Dua tahun bertumbuh bersama, insiatif lain kemudian muncul yakni menyelenggarakan kelas memenun bagi beberapa remaja desa, berkolaborasi dengan salah satu sekolah yang ada di desa kami, SMPK Santo Yoseph Freinademetz Kapan (dengan memanfaatkan jam ekstrakurikuler sekolah di hari Sabtu). Sebagai komunitas dengan model social enterprise, kami mulai belajar bukan saja menggali kembali potensi pertanian dan seni budaya seperti tenun untuk dipasarkan. Keuntungan dari semua itu kami sisihkan 10-15 % untuk menghidupi komunitas dengan berbagai kegiatan kreatif dan pemberdayaan warga. Salah satunya kelas menenun bagi remaja desa.
Mama Mety dan Mama Nati
Senang sekali mama Mety menjadi inisiator kemudian mengajak mama Nati yang jago membuat tenun ikat juga mama Aser yang biasanya menenun dengan teknik lotis/sotis. Kolaborasi ketiganya sebagai pengajar kami harapkan bisa meneruskan berbagai pengetahuan kepada generasi muda desa Taiftob untuk belajar tenun, pewarnaan benang hingga ikat benang. 

Doakan semoga program ini berjalan lancar. Tahun 2019 ini ada beberapa program kreatif yang akan kami selenggarakan di komunitas kami. Kelas menulis kreatif masih dengan agenda workshop menulis puisi tentang batu dan menulis dongeng berkolaborasi dengan para orang tua. Ada juga workshop ilustrasi untuk melengkapi naskah buku puisi dengan cerita karya anak-anak. Ada beberapa relawan ilustrator yang akan datang mengajar secara sukarela mulai akhir pekan ini. 

Untuk donasi silakan kontak lakoatkujawas@gmail.com atau whatapp 081338037075. 

Mama Nati

Foto oleh Deztro/Armin Septiexan/SkolMus untuk Praktik Cerdas -Yayasan BaKTI

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus