We present a concept of social enterprise/social entrepreneurship based in Mollo, Timor and utilize the natural and cultural potential for economic improvement as well as the empowerment of local communities, particularly young people. Our focus includes literacy, art-culture and the creative economy. This project involves the youth community, village library as a center for arts and culture, homestay and creative economy. It is located in Jl. Kampung Baru, No. 2, Village of Taeftob, District of North Mollo, South Central Timor, East Nusa Tenggara, Indonesia 85552. Telp./Whatsapp 081338037075. E-mail: lakoat.kujawas@gmail.com.

Selasa, 27 Oktober 2020

Penyihir Adat Seorang Wanita Tua

*Erlis Talan

FRANSINA KOSAT, 60 tahun seorang wanita tua berjiwa muda yang memiliki kepedulian terhadap kepunahan adat dan tradisi di Mollo. Ia lahir di Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pada 04 Agustus 1959.



Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara, anak dari Yosef Kosat dan Veronika Sanit. Ia menikah dengan Markus Koi Teme pada 11 November 1982. Ia sudah menjanda sejak suaminya meninggal 8 tahun yang lalu, 23 Juli 2012.

Fransina memiliki  empat orang anak, dua putra dan dua putri. Tiga orang anaknya sudah berkeluarga sedangkan anak bungsunya masih kuliah di kota kupang NTT. Saaat ini Ia tinggal bersama dua orang cucunya Pablo Omenu dan Pedro Omenu.


Ia menamatkan Sekolah Dasarnya di SD Oenak Noemuti-TTU, Sekolah Menengah Pertamanya di SMP Aurora Kefamenanu TTU dan Sekolah Pendidikan Guru di SPG Kristen Soe Timor Tengah Selatan (TTS).

Ibu Sin panggilan akrabnya sehari-hari adalah seorang pensiunan guru, Ia mengabdi sebagai Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di SDK Yaswari Kapan III, selama 34 Tahun. Pengabdiannya berakhir pada Desember 2019.



Meskipun sudah pensiun, Ia dikontrak lagi oleh Yayasan Swastisari sebagai tenaga guru di SD Yaswari Kapan III, mengingat di sekolah tersebut kekurangan guru maka Ia menerima Tawaran itu untuk mengajar lagi.

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada Juli 2020, Ia diundang oleh Komunitas Lakoat Kujawas untuk mengikuti rapat Stakeholder bersama para Tokoh Adat, Tokoh Agama,  Tokoh Pendidikan dan pemerintah di yang ada di Desa Taiftob demi menyukseskan salah satu program Lakoat Kujawas, yaitu  memperkenalkan kembali adat dan tradisi Mollo kepada kaum muda masa kini.

Setelah rapat Stakeholders itu, Lakoat Kujawas mengajak Fransina untuk mengambil bagian dalam memperkenalkan kembali adat dan tradisi Mollo yang hampir punah kepada generasi muda yang ada di Mollo.

Meskipun Ia bukan orang asli Mollo, Ia menyambut baik ajakan itu karena sudah bertahun-tahun Ia tinggal di Desa Taiftob Mollo Utara, maka budaya dan tradisi Mollo sudah benar-benar melekat pada diri Fransina.

Komunitas Lakoat Kujawas menyelenggarakan program ini agar generasi muda masa kini mengenal kebudayaan sehingga tidak kehilangan identitas mereka sebagai Orang Mollo.

 Karena Fransina mempunyai hobby menari dan menyanyi, maka Lakoat Kujawas mengambil peluang ini untuk mengenalkan kembali tarian tradisional kepada kaum muda Mollo.

Menurut Fransina generasi muda saat ini harus menghidupi kembali tarian tradisional yang hampir punah. Di sisi lain, saat ini sudah tidak ada lagi  ruang khusus untuk tarian-tarian ini bisa bertahan dan tidak hilang.

Selama Agustus 2020, Fransina melatih tari tradisonal kepada kaum muda yang ada di Mollo. Pertemuan pertama, hanya diikuti oleh kaum muda di Desa Taiftob tetapi pada pertemuan selanjutnya sudah banyak kaum muda, yang berasal dari Desa-desa tetangga juga sudah mulai menawarkan diri untuk bergabung dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dilaksanakan dua kali dalam seminggu.

Jari-jemari dan hentakan kaki dari Fransina bagaikan sihir yang menyihir banyak kaum muda, sehingga dalam jangka waktu sebulan kegiatan ini berlangsung dan tingginya  antusias dari kaum muda untuk belajar kembali tarian tradisional ini, mereka sudah benar-benar mengahafal dan benar-benar lincah dalam menggerakan anggota tubuhnya.

Tarian yang Fransina ajarkan kepada kaum muda saat itu adalah, Tari Menenun Dan Tari Meminang. Dengan tarian tradisional ini Fransina berharap, Ia bisa mentransfer ilmunya kepada kaum muda agar mereka bisa mengembangkan tarian ini sehingga tidak punah. Tarian ini bercerita tentang cara Orang Mollo menenun dan tahapan-tahapan meminang wanita di daerah Mollo.

Dengan keseriusan dari Fransina untuk mengajarkan tarian kepada kaum muda dan ketekunan kaum muda dalam mempelajarinya, akhirnya pada 05 September 2020, kaum Muda mementaskan tarian tersebut di Napi Desa Taiftob dan membuat dokumentasi video agar bisa menjadi arsipan Komunitas Lakoat. Kujawas.

Tidak berhenti di tarian tradisional saja. Fransina juga mengajarkan kepada kaum muda, nyanyian tradisional yang sebagian besar tidak diketahui oleh generasi muda saat ini.

Dengan talenta yang Ia miliki, Ia berhasil mengenalkan kembali adat dan tradisi Mollo kepada puluhan generasi muda Mollo. Ia berharap meskipun di zaman yang modern ini, generasi muda tetap mencintai adat dan tradisi Mollo sebagai warisan leluhur yang sangat istimewa.

Melihat keberhasilan dari Fransina ini, beberapa orang tua di desa Taiftob mulai mendukung anak-anak mereka agar terlibat dalam kegiatan mengenal kembali adat dan tradisi orang Mollo ini. Bahkan ada orang tua yang ikut mengambil bagian dalam kegiatan ini menurut mereka membuat mereka bernostalgia dengan masa kecil mereka.

Desa Taiftob-Mollo patut mengapresiasi karya dari Fransina ini. Desa ini beruntung masih memiliki seorang seperti Fransina, yang rela meluangkan waktunya untuk mengajarkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi generasi muda Mollo saat ini.

 

*Erlis Marlina Talan adalah warga aktif Mollo yang bergiat di Komunitas Lakoat Kujawas. Pernah mengikuti pelatihan jurnalisme warga bersama Samdhana Institute. Dalam project Being and Becoming Indigenous - Mollo, Erlis bertugas sebagai bendahara. 

1 komentar:

  1. IONQQ menyediakan pelayanan terbaik dan bisa di percaya
    ayo segera bergabung bersama kami
    WA : +855 1537 3217

    BalasHapus