We present a concept of social enterprise/social entrepreneurship based in Mollo, Timor and utilize the natural and cultural potential for economic improvement as well as the empowerment of local communities, particularly young people. Our focus includes literacy, art-culture and the creative economy. This project involves the youth community, village library as a center for arts and culture, homestay and creative economy. It is located in Jl. Kampung Baru, No. 2, Village of Taeftob, District of North Mollo, South Central Timor, East Nusa Tenggara, Indonesia 85552. Telp./Whatsapp 081338037075. E-mail: lakoat.kujawas@gmail.com.

Kamis, 23 Januari 2020

SKOL TAMOLOK #1: Menghubungkan Peran Warga di Komunitas dan Masyarakat dengan Tugas-Tugas Menggereja


Bagi kami di komunitas, belajar bisa di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Kemarin malam untuk pertama kali program kami #SkolTamolok diselenggarakan. Ini adalah cara kami menjawab tantangan bagaimana caranya warga aktif yang terlibat di komunitas mempunyai kemampuan berbicara di depan publik, mampu mengungkapkan ide, visi dan gagasannya kepada orang lain dengan baik. Skill ini menjadi kebutuhan ketika komunitas ini semakin besar dan semakin banyak berkolaborasi dengan berbagai pihak. Setiap individu di komunitas diharapkan bisa mengambil peran dan tugas kreatif mereka secara adil dan setara.



Skol Tamolok adalah model pendidikan kontekstual, pendidikan berbasis masyarakat atau komunitas. Pendidikan yang menjawab kebutuhan kami sendiri di komunitas. Edisi perdana ini menampilkan mama Gea/mama Kristina Fobia, salah satu warga aktif di lakoat.kujawas yang mencoba mengangkat isu sampah plastik dan krisis lingkungan hidup, terutama air dan udara. Sebagai ibu rumah tangga, mama Gea mencoba mengajak warga yang lain untuk mulai memproduksi pupuk organik untuk kebutuhan sendiri. Merasa resah dan mencoba mencari solusi atas masalah sampah plastik rumah tangga dan mencoba berefleksi tentang pentingnya pohon dan daerah resapan air yang harusnya mendapat perhatian warga. Komunitas bagi mama Gea harus bisa mengambil peran kecil ini. Komunitas diharapkan akan menjadi contoh bagi warga yang lain.

Sementara itu bintang tamu kami, frater Verry Umbu Tuku yang pernah dua tahun bergiat bersama kami mencoba membagi pengalamannya melakukan penelitian di lakoat.kujawas untuk tesisnya terkait #activecitizens di lakoat.kujawas dan dampaknya bagi gereja. Frater Verry mencoba melihatnya dari tiga anjuran/seruan gereja Katolik yakni Apostolicam Actuositatem sebuah dekrit tentang kerasulan awam yang dikeluarkan Paus Paulus. Apakah model yang dilakukan di lakoat.kujawas ini bisa dibaca sebagai model kerasulan awam? Misalnya dengan melakukan evangelisasi secara baru dan kontekstual yang dianjurkan paus fransiskus. Bagaimana komunitas terlibat dalam kerja pendokumentasian dan pengarsipan sejarah gereja Katolik di Mollo. Dan yang terakhir adalah ensiklik Laborem Exercens dari Paus Yohanes Paulus II. Apa sih masalah sosial dewasa ini terkait dengan pekerjaan? Bagaimana sih mewujudkan pekerjaan yang adil dan mensejahterakan bukan saja untuk diri sendiri tapi bagi orang lain? Sejauh mana kreativitas dan semangat keberlanjutan itu muncul dalam karya kita? Diskusi semalam  menjadi menarik karena ternyata presentasi frater Verry membawa refleksi tersendiri. Ada perasaan bahwa komunitas warga dalam peran menggereja seringkali masih ada gap dan ketidakpahman.



Banyak yang akhirnya sadar bahwa ternyata gereja sebenarnya punya perhatian yang mendalam terkait kehidupan sosial ekonomi dan tanpa sadar sebenarnya tugas dan peran itu sudah dijajalankan oleh umat beriman lewat aktivitas dan karya mereka di komunitas. Ah menarik sekali #skoltamolok edisi perdana semalam. Bulan depan akan bahas apa lagi? Ini akan jadi suprise. Yang ingin terlibat sebagai bintang tamu maupun pendengar, boleh kok. Skol Tamolok terbuka untuk umum. Kabari kami ya jika Anda tertarik untuk ikut.

#activecitizens #socialenterprise #kapankekapan #community

1 komentar:


  1. AJOQQ menyediakan 9 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus