We present a concept of social enterprise/social entrepreneurship based in Mollo, Timor and utilize the natural and cultural potential for economic improvement as well as the empowerment of local communities, particularly young people. Our focus includes literacy, art-culture and the creative economy. This project involves the youth community, village library as a center for arts and culture, homestay and creative economy. It is located in Jl. Kampung Baru, No. 2, Village of Taeftob, District of North Mollo, South Central Timor, East Nusa Tenggara, Indonesia 85552. Telp./Whatsapp 081338037075. E-mail: lakoat.kujawas@gmail.com.

Kamis, 21 September 2017

SAM, Memantik Imajinasi Anak-Anak Mollo


Tanggal 21 September 2017, salah satu program baru di Komunitas Lakoat.Kujawas mulai dilangsungkan, Sinema Anak Mollo (SAM). Sebuah program menonton film anak bersama anak-anak desa Taiftob yang sehari-hari bergiat bersama di Komunitas Lakoat.Kujawas. Ini mimpi kami sejak lama, selain membaca buku di perpustakaan, belajar bahasa Inggris, ikut kelas tari, menulis kreatif, teater dan musik, anak-anak juga berkesempatan untuk menonton film. Bagi kami film adalah salah satu media belajar, sekaligus sarana untuk membuka wawasan tentang betapa luas dan beragamnya kehidupan di dunia ini. Ini nilai penting yang harus ditanamkan sejak dini. Anak desa Taiftob bisa belajar banyak hal dari sebuah film: manusia yang berbeda, kebudayaan yang beragam, bentangan alam dan seterusnya. Semua itu juga bisa memantik daya imajinasi anak-anak. Sebab film punya kekuatan audio sekaligus visual, sementara anak-anak juga sedang punya imajinasi yang kaya dan bisa dibilang masih sangat murni. Dengan berbagai kegiatan kesenian dan literasi di Komunitas Lakoat.Kujawas, semua akan saling melengkapi, memperkaya. 


Pada kesempatan perdana program Sinema Anak Mollo kami memutar film The Jungle Book (2016), salah satu film anak produksi Disney yang berkisah tentang Mowgli seorang anak manusia yang hidup bersama kawanan binatang liar di hutan dan melewati petualangan seru bersama macan kumbang dan beruang. Film ini diadaptasi dari buku karya penulis Rudyard Kipling. 

Lewat program Sinema Anak Mollo maupun program To The Lighthouse, yakni program kelas menulis kreatif bekerjasama dengan salah satu sekolah di desa Taiftob, SMPK St. Yoseph Freinademetz, kami ingin pelan-pelan mewujudkan visi besar Komunitas Lakoat.Kujawas, menjadikan desa Taiftob sebagai kampung seni dan literasi di Timor. Kampung yang betul-betul hidup dan semarak dengan berbagai inisiatif warga membuat aksi kreatif dan inovatif. Lakoat.Kujawas dengan sendirinya menjadi salah satu titik penting di desa Taiftob, berkembang menjadi pusat kesenian, literasi dan kewirausahaan sosial.  Sesuai dengan dua semangat utama kami: kerja kolaborasi dan solidaritas sebagai warga aktif. Ke depan bukan mustahil bahwa anak-anak yang bergiat di Lakoat.Kujawas akan memproduksi sendiri film karya mereka. Kemudian lahir sineas masa depan dari Taiftob. Ya ya, alam semesta mendengar doa kita semua. Beberapa program lain yang akan digelar di desa Taiftob dan melibatkan komunitas Lakoat.Kujawas dan warga adalah project teater Apinat-Aklahat, riset dan pameran arsip sejarah gereja Katolik di Mollo dan penerbitan buku kenangan 50 tahun gereja Katolik di Mollo. 

Terima kasih kepada para donatur yang selalu mendukung kegiatan di Komunitas Lakoat.Kujawas. Teman-teman yang ingin donasi untuk mendukung kegiatan kesenian, literasi dan kewirausahaan sosial di Lakoat.Kujawas bisa mengontak email lakoatkujawas@gmail.com atau whatsapp ke 081338037075. Teman-teman juga bisa mengirim film anak ke kami baik DVD maupun flasdisk ke Komunitas Lakoat.Kujawas, jalan Kampung Baru No. 2 Desa Taiftob, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT 85552, Tlp. 081338037075. 

Artikel lain terkait Festival Pau Kolo dan Pameran Arsip Mollo Panggil Pulang bisa disimak di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar