We present a concept of social enterprise/social entrepreneurship based in Mollo, Timor and utilize the natural and cultural potential for economic improvement as well as the empowerment of local communities, particularly young people. Our focus includes literacy, art-culture and the creative economy. This project involves the youth community, village library as a center for arts and culture, homestay and creative economy. It is located in Jl. Kampung Baru, No. 2, Village of Taeftob, District of North Mollo, South Central Timor, East Nusa Tenggara, Indonesia 85552. Telp./Whatsapp 081338037075. E-mail: lakoat.kujawas@gmail.com.

Rabu, 04 Desember 2019

Donasi Buku Tulis dan Buku Bacaan Sebagai Reward Untuk Peminjam Buku Terbanyak di Lakoat.Kujawas

Tidak terasa satu semester berlalu. Sebagai komunitas warga aktif di desa kecil Taiftob di pegunungan Mollo, Timor, kami hampir melewati semester ini dengan baik. Dan sebagai komunitas kesenian yang sedang bersemangat menghidupkan ruang literasi dan pendidikan kontekstual (model pendidikan berbasis pengetahuan lokal terkait seni budaya, sejarah, pertanian, ekologi, dst) kami senang sekaligus bersyukur dikelilingi banyak sekali orang baik: anak-anak yang bersemangat, orang tua yang selalu mau terlibat, para relawan dan donatur yang selalu mendukung kami. Kami juga sedang membangun sebuh perpustakaan dan art center terbaru, sebagai ruang publik baru di desa kami yang bisa diakses oleh siapapun.



Dalam perjalanan satu semester ini, tentu saja ada banyak hal telah dilalui. Mama Marlinda Nau dan mama Pendeta Venny Bessie dengan program dua mingguan bersama Forum Keluarga dengan anak-anak disabilitas, kelas menulis kreatif #ToTheLighthouse yang sebentar lagi akan menerbitkan buku kumpulan cerpen, buku ketiga mereka. Semester ini kami juga kedatangan beberapa teman relawan baik seniman maupun guru. Antara lain, Lucina dari Polandia, Royyan Julian penulis asal Madura dan Iven Manning, guru dan penerjemah asal Perth Australia. Ketiganya ikut menjadi relawan pengajar di kelas bahasa Inggris dan menulis kreatif di desa kami, kolaborasi dengan SMPK St. Yoseph Freinademetz Kapan.

Kami bangga bahwa anak-anak yang bergiat di Komunitas Lakoat.Kujawas terus bertumbuh dengan luar bisa. Rasa percaya diri, keberanian dan ketangguhan sebagai anak dan remaja nampak sekali dan itu diakui oleh para guru mereka di sekolah formal. Sebagai komunitas warga kami senang sudah ikut mendukung pendidikan mereka di sekolah formal, mendukung mereka bertumbuh secara maksimal. "Anak Lakoat selalu berbeda dengan anak yang belum bergabung dengan Lakoat." Ungkap mama Mety salah satu orang tua di desa kami. Ini adalah amanah. Kami terus berupaya untuk memperkuat ekosistem warga aktif bersama dengan Gereja, Sekolah, tokoh adat, pemerintah desa dan kelompok masyarakat. Termasuk teman-teman relawan dan donatur. Terima kasih untuk kebaikan kalian semua.
Di akhir semester seperti biasanya kami mengagendakan sebuah program donasi terbuka sebagai reward untuk 120an anak anggota perpustakaan Lakoat.Kujawas untuk segala prestasi mereka di sekolah dan di komunitas, segala cara mereka untuk berkontribusi dalam menciptakan kampung sebagai tempat tinggal yang nyaman dan ramah bagi semua orang termasuk diri mereka sendiri. Untuk itu kami mengadakan program donasi terbuka ini.

Apa Saja Bentuk Dukungan?

Jika ingin terlibat, Anda boleh mendonasikan buku tulis, balpoint, buku gambar, krayon dan pinsil. Juga buku bacaan untuk menambah koleksi perpustakaan kami, buku bacaan anak, majalah anak, buku dongeng, komik dan buku bacaan remaja (novel remaja, buku puisi dan buku cerpen) serta eksiklopedia.

Bagaimana Caranya?

Silakan kirim minimal 1 orang 1 pak buku tulis dan 1 pak balpoint, atau satu majalah atau satu buku bacaan apa saja yang bisa dibaca anak-anak dan remaja. Bisa berupa barang atau uang (akan dibelanjakan oleh Lakoat.Kujawas).

Barang bisa dikirim ke alamat kami: Perpustakaan Lakoat.Kujawas, Jalan Kampung Baru No. 2 Desa Taiftob Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten TTS, NTT 85552 Tlp. 081338 037075.

atau dikirim ke rekening BRI 0277 01010910 50 5 an CHRISTIANTO SENDA.

Akhir kata, selamat menyongsong Natal untuk kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar