We present a concept of social enterprise/social entrepreneurship based in Mollo, Timor and utilize the natural and cultural potential for economic improvement as well as the empowerment of local communities, particularly young people. Our focus includes literacy, art-culture and the creative economy. This project involves the youth community, village library as a center for arts and culture, homestay and creative economy. It is located in Jl. Kampung Baru, No. 2, Village of Taeftob, District of North Mollo, South Central Timor, East Nusa Tenggara, Indonesia 85552. Telp./Whatsapp 081338037075. E-mail: lakoat.kujawas@gmail.com.

Rabu, 17 Juli 2019

Mnahat Fe’u Heritage Trail: Dari Makan Siang di Napjam Berakhir Dengan Main Kere-Kere di Ajaobtomas


Ini adalah babak akhir dari perayaan musim panen di komunitas Lakoat.Kujawas desa Taiftob, Mollo, Timor Barat tahun ini. Kami menyebut acara ini Mnahat Fe’u yang artinya makanan baru. Sebutan bagi semua jenis bahan makanan yang baru saja dipanen sebelum nantinya melewati berbagai proses baik pengeringan di atas api di dalam rumah bulat (ume kbubu), dikeringkan di bawah sinar matahari, difarmentasi dan berbagai teknik pengawetan bahan makanan lainnya. Mnahat Fe’u bisa juga berarti menari bonet sambil berbalas syair yang terkait dengan proses membuka kebun, menanam benih hingga panen. Mnahat Fe’u adalah ungkapan sukacita sekaligus syukur kepada alam semesta dan penciptanya yang memberi banyak kebaikan sepanjang musim tanam kemarin. Mnahat Fe’u adalah sebuah perayaan yang mempertemukan seni budaya, pangan dan ekologi.
Dalam perjalanan melakukan riset, pemetaan dan berbagai kerja pengarsipan atau pendokumentasian di komunitas Lakoat.Kujawas kami menemukan sebuah semangat untuk merevitalisasi kampung kami. Ada banyak hal menarik dari masa lalu yang rasanya penting untuk dibangkitkan kembali sebagai identitas dan kekuatan kampung. Berbagai peristiwa budaya terkait keseharian orang Mollo yang dirindukan atau memang akan hilang dari memori kolektif. Ini proses yang menarik. Mengajak warga desa Taiftob percaya kepada kekuatan diri dan potensinya sembari mengumpulkan yang tercecer untuk bekal generasi sekarang dan yang akan datang. Sebagai ruang arsip, kami akhirnya sadar bahwa banyak hal yang sudah dan sedang kami lalukan punya dampak yang luas, termasuk peluang ekonomi kreatif atau kewirausahaan sosial lewat aktivitas wisata minat khusus seni budaya dan sejarah dengan model community based tourism. Warga dan komunitas yang menjadi pelaku penting dan utama dalam semua proses ini.
Ini adalah heritage trail yang kami selenggarakan untuk keempat kalinya di tahun 2019 ini. Sekalipun dengan semangat mempertemukan seni budaya, pangan dan ekologi sebagai benang merah besarnya, plus jalur trail yang hampir tidak berubah, namun di tiap trail kami mencoba memberi highlight spesial. Menyesuaikan dengan musim tanaman di bulan tersebut. Misalnya di heritage trail pertama memperkenalkan buah lakoat dan aktivitas panen jamur hutan yang kami tonjolkan. Trail kedua lebih menonjolkan narasi budaya terkait proses mengolah padi ladang. Yang ketiga kami mencoba menampilkan tarian bonet khusus musim panen lengkap dengan tatacara makan ala orang Mollo di zaman dulu.
Lalu apa yang spesial di heritage trail kali ini? Kami masih akan mengajak peserta trekking menuju hutan, mata air dan batu Napi, salah satu situs penting di Mollo yang kebetulan ada di desa kami. Napi atau Napjam selalu ada dalam setiap tradisi tutur natoni yang dilakukan di wilayah Mollo. Ia semacam batu penjuru sekaligus batu sacral yang merujuk ke marga Oematan (selain batu Tunbes). Orang tua menyebut Napi sebagai saudara laki-laki (pihak maskulin) sementara Tunbes adalah representasi dari saudara perempuan marga Oematan. Seperti kita ketahui batu bagi orang Mollo adalah elemen penting selain hutan, mata air dan tanah.
Setelah menelusuri hutan, mata air lalu mendaki ke puncak Napi (tempat dulu para utusan raja Oematan mengirim kabar ke kampung tetangga dengan meniup tanduk kerbau dari atas puncak Bapi/Napjam), peserta akan diajak menikmati momen “makan siang di kebun” dengan menu dan cara makan orang Mollo ketika sedang berkebun. Heritage trail ini akan ditutup dengan menyaksikan pameran arsip sejarah budaya komunitas dan mencoba permainan kere-kere yang muncul setahun sekali saat momen 17 Agustusan di Mollo. Salah satu permainan yang mendapat pengaruh dari orang-orang Cina Mollo. Semuanya akan terjadi di lapangan umum/alun-alun kota kecamatan Mollo Utara.
Menu spesial: se’i sapi, oin mauf (sambal sarang lebah), kotpesi (kacang arbila beracun setelah proses perebusan hingga 12 kali mendidik dan sudah hilang racunnya), sayur asin dan ut nunu (sayur pucuk daun beringin).
Beberapa info penting:
1. Paket heritage trail ini akan berlangsung hari Jumat 16 Agustus 2019 jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Harga paket Rp. 250,000 sudah termasuk snack pangan lokal sehat, makan siang komplit dan workshops. Belum termasuk penginapan sederhana di rumah warga. Tersedia penginapan di rumah warga, jumlah terbatas jadi harus konfirmasi dulu ya. Tarif per orang per malam Rp. 75,000 (sharing room, sudah termasuk sarapan dan makan malam). Batas akhir reservasi dan pembayaran tanggal 14 Agustus 2019.
2. No Rekening BRI 4732 01013229535 an CHRISTIANTO SENDA
3. Tersedia jasa mobil travel dan ojek dari warga desa Taiftob. Mobil travel bisa sewa harian atau ikut jadwal reguler (Kupang-Kapan PP tariff Rp. 50,000 per penumpang, berangkat dari Kupang tiap jam 13 siang dan dari Kapan ke Kupang tiap jam 8 pagi). Info lengkap silakan kontak Hendrik Travel 081210 999432. Ojek Kapan-SoE PP silakan kontak Les OJEK 085237887919.

Untuk informasi lebih lanjut silakan kontak WA 081338037075 (Dicky Senda)













5 komentar:

  1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

  3. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND

    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com
    🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧

    Selamat siang

    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "


    BBM: D8E814FC


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah


    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))


    Allahu akbar

    BalasHapus
  4. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus