We present a concept of social enterprise/social entrepreneurship based in Mollo, Timor and utilize the natural and cultural potential for economic improvement as well as the empowerment of local communities, particularly young people. Our focus includes literacy, art-culture and the creative economy. This project involves the youth community, village library as a center for arts and culture, homestay and creative economy. It is located in Jl. Kampung Baru, No. 2, Village of Taeftob, District of North Mollo, South Central Timor, East Nusa Tenggara, Indonesia 85552. Telp./Whatsapp 081338037075. E-mail: lakoat.kujawas@gmail.com.

Senin, 21 November 2016

Dukung Anak-Anak Desa Taiftob Bikin Elaf Dame

Mari dukung anak-anak desa Tauftob yang tergabung dalam Komunitas Lakoat.Kujawas mewujudkan mimpi mereka bikin sebuah festival kesenian pertama di kampung halaman mereka.





Apa Itu Komunitas Lakoat.Kujawas 
dan Festival Damai 2017?

Lakoat.Kujawas adalah sebuah komunitas anak muda di desa Taiftob, kecamatan Mollo Utara, TTS NTT, yang fokus mengembangkan kewirausahaan sosial dengan mengintegrasikan desa berkonsep community based tourism dengan perpustakaan warga, ruang diskusi dan pemutaran film, ruang kerja kolaborasi dan ruang produksi oleh-oleh khas Mollo bekerjasama dengan petani dan penenun. Terkait konsep kerja kolaborasi, kami telah membuka kesempatan kepada para relawan dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikan untuk mendukung beberapa program kreatif yang melibatkan warga khususnya anak, remaja dan kaum muda seperti kelas Bahasa Inggris dan beberapa program yang akan berlangsung dalam waktu dekat, yakni kelas teater dan pemutaran film anak secara regular. Sebagai pemanasan atau permulaan, kami ingin menyelenggarakan sebuah mini festival yang bisa menjadi sebuah kesempatan baik bagi kami untuk menggali atau memotret potensi dan kreativitas berkesenian dari anak-anak di desa Taiftob sekaligus waktu yang tepat juga untuk ikut menyuarakan pesan damai dari desa Taiftob kepada dunia. Kami berharap bahwa ke depan, semangat berkesenian anak-anak desa Taiftob semakin bertumbuh dan berkembang dan bahwa menciptakan dunia yang damai adalah tugas kita semua. Di sisi lain, festival ini dekat dengan lingkaran Natal dan ini juga bentuk dari semangat kerja kolaborasi yang sudah kami mulai dari desa.

Ada Acara Apa Saja di Elaf Dame?

  1. Lomba permainan tradisional, lomba bikin kartu ucapan dari bahan alam (rumput ilalang, daun, akar, dll) dan bahan bekas. Serta lomba membuat barang seni atau dekorasi seperti boneka dari rumput, ranting dan bahan alam lainnya.
  2. Pentas teater yang naskahnya ditulis kolaborasi antara anak-anak dengan relawan pengajar kelas Bahasa Inggris (Randi Tamelan dan Edwin Boimau). Pentas teater kali ini punya pesan damai yang universal dan pesan tentang kesederhanaan hidup sebagai sesuatu yang mulia di mata sang pencipta.
  3. Dramatical reading cerpen, karya anak-anak sendiri atau karya penulis lain.
  4. Nyanyian dan tarian tradisional maupun modern
  5. Nonton film anak bertema Natal dan pesan damai produksi sineas NTT. Maria dan Shiva (Aries Leo), Konjak Julio (Meli Hadjo, dalam konfirmasi) dan Humus (Rucita Putri).
  6. Pembacaan dongeng dan puisi oleh seniman/sastrawan relawan dari Kupang
  7. Kelas inspirasi dari salah satu tokoh muda NTT (bisa seniman, peneliti, budayawan, dosen).
  8. Pembagian kado Natal dan surat inspirasi. Setiap orang atau komunitas mendonasikan sebuah kado atau bisa lebih dari satu. Kado yang terkumpul selain diberikan kepada anak-anak anggota perpustakaan Lakoat.Kujawas, juga akan didonasikan untuk teman-teman di dusun Sutual, belakang Gunung Mutis.
Bagaimana Caranya Bisa Terlibat Dalam 
Aksi Surat Inspirasi dan Donasi Kado?

Panitia membuka kesempatan kepada siapa saja untuk mendonasikan sebuah kado seharga minimal Rp. 25.000 dan maksimal Rp. 50.000 (sebaiknya kado berisi buku bacaan atau buku tulis atau perlengkapan sekolah lainnya) plus sepucuk Surat Inspirasi yang isinya berbagi pengalaman atau ajakan motivasi untuk punya cita-cita, hidup damai sebagai manusia, dan pesan atau ajakan moral lainya. Donatur bisa berkomunikasi dengan panitia festival untuk mengetahui nama, jenis kelamin dan usia calon penerima kado dan surat inspirasi (SMS/Whatsapp 081338037075 atau email dickysenda@gmail.com).

Kapan dan Di Mana Festival Damai Ini Berlangsung?


  1. ·         Minggu ke-2 Januari 2017 (Tanggal 13-14 Januari 2015) di halaman Lakoat.Kujawas, jalan Kampung Baru, Desa Taiftob Mollo Utara, TTS. Sore hari jam 14-18 WITA.  
  2. ·         Jumat, 13 Januari 2017 jam 14-18 WITA: Lomba kreasi bahan alam (rumput, ranting, akar, dll) jadi barang dekorasi dan nonton film anak bertema Natal
  3. ·       Sabtu, 14 Januari 2017, jam 14-18 WITA: Pentas seni: dramatical reading puisi dan cerpen, pentas tari, pembacaan dongeng, pentas teater, bagi-bagi kado Natal dan makan bersama.

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Jelang Festival?

  1. Minggu ke-4 November: jaring relawan, pembentukan tim kerja, pembagian tugas, promo medsos
  2. Minggu ke-5 November - Minggu 2 Desember: jaring donatur (kado dan konsumsi acara).
  3. Minggu ke- 1 Desember-Minggu 3 Desember: latihan teater, dramatical reading, dan tari.
  4. Minggu 1 Januari: Persiapan final dan Gladi

Selain Surat Inspirasi dan Donasi Kado, 
Apa Lagi yang Bisa Kalian Lakukan?

Kami membuka kesempatan bagi siapa saja untuk donasi kue Natal, sirup dan makanan kering lainnya atau donasi dalam bentuk uang yang nantinya akan dibelanjakan untuk keperluan snack anak-anak selama dua hari Elaf Dame.

Bagaimana Caranya Berdonasi?
Ke Mana Harus Mengirim Donasi?

Donasi bisa dalam bentuk barang atau uang. Kado yang sudah terbungkus bisa langsung dikirim atau diantar ke Komunitas Lakoat.Kujawas, Jalan Kampung Baru No. 2 Desa Taiftob, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten TTS 85552.
Untuk teman-teman di Kupang dan sekitarnya yang ingin ikut donasi kado bisa di-drop ke dua relawan kami:
1. Danny Wetangterah (Sekolah Musa), no whastapp 081337999414. Alamatnya di Jalan Keuangan Negara II, Gang II NO. 1, Belakang Gedung Keuangan Negara, depan Koperasi Solidaritas, Kotabaru Kupang. 
2. Elen Bataona (Buku Bagi NTT Regio Kupang), No WA 085228415720. Alamatnya di jalan Bundaran PU Gang II No. 1 (Belakang Apotek Korona Farma/ depan Ayam Goreng Fatmawati lama), Oebufu, Kupang. 

Donasi dalam bentuk uang bisa dikirim langsung ke: No. Rekening BANK BRI: 0277-01010910-50-5 AN Christianto Senda.


Informasi Lebih Lanjut

  1. Dicky Senda
Tlp/Whatsapp: 081338037075
  1. Randi Tamelan
Tlp/Whatsapp: 081235436230
  1. Edwin Boimau

Tlp/Whatsapp: 085333688005

1 komentar: