Selasa, 13 Juni 2017

Syarat Jadi Relawan LKJWS atau Bikin Project Kreatif Bersama Warga Taiftob

#beta1akoatkujawas
#babagimimpi

Syukur dan berterima kasih kepada Tuhan dan alam semesta, juga kepada kalian semua yang telah berjalan bersama kami selama setahun ini, ikut mendoakan dan mendukung meski dari jauh. Barangkali karena kita punya cinta dan tujuan yang sama, barangkali juga komitmen dan rasa memiliki.
Di usia setahun ini, kami sungguh menikmati proses bertumbuh dan berkembang sebagai sebuah komunitas warga yang bergerak di bidang kesenian, literasi, pertanian dan kewirausahaan sosial. Dari sebuah desa kecil di pedalaman Timor bernama Taitftob, mimpi untuk mewujudkan perpustakaan warga, ruang kerja kolaborasi, ruang kesenian pelan-pelan terlaksana. Tentu saja ada lebih dari 15 orang muda NTT yang dengan sukarela ikut mewujudkan mimpi besar itu. Berbagai kelas kreatif, workshop dan festival sudah kami gelar, melibatkan warga, khususnya lebih dari 70 orang anak, remaja dan orang muda Mollo. Dan mimpi besar kami ini ingin terus terwujudkan. Semakin banyak mengajak orang muda untuk pulang kampung, berwirausaha, bergiat bersama warga adalah salah satu tujuan kami. Barangkali kamu adalah orang berikutnya? Kami menawarkan dua pilihan utama, menjadi relawan tetap di Lakoat.Kujawas atau bikin satu program kreatif yang waktunya pendek (misalnya workshop atau training) di Lakoat.Kujawas.

A. Untuk menjadi relawan di Lakoat.Kujawas, syaratnya sederhana saja:

1.      Kamu tinggal di Kapan, SoE atau Kupang
2.    Kamu orang muda yang aktif, tertarik berkomunitas dan punya komitmen besar pada dunia pendidikan dan kesenian generasi muda NTT. Mau belajar dan berkembang bersama orang lain. Mau bekerja dalam tim.
3.      Bersedia bekerja sukarela/tidak dibayar.
4.   Punya waktu luang dua minggu sekali atau sebulan sekali untuk bergekiatan bersama warga dan teman-teman relawan lainnya.
5.    Akan punya nilai tambah jika kamu bisa berbahasa Inggris, bermain alat musik, punya pengalaman di bidang teater/drama, punya minat berwirausaha atau punya skill tertentu yang bisa bermanfaat di lakoat.kujawas. Skill tersebut akan bisa langsung diaplikasikan dalam berbagai kegiatan kesenian dan literasi bersama warga.
6.      Patuh pada beberapa aturan main di lakoat.kujawas. Baca selengkapnya di sini.
7.      Sekali lagi, yang punya komitmen dan ketertarikan besar pada dunia pendidikan juga kesenian anak, remaja dan orang muda. Ini yang sulit, makanya soal komitmen perlu kami tegaskan ulang hehehe.

B. Bikin Program Kreatif Bersama Warga Desa Taiftob

Jika kamu punya ide untuk bikin program singkat, entah training maupun workshop bersama warga desa Taiftob di bidang kesenian, literasi dan pertanian. Berikut ada beberapa syarat:

1.      Program kreatif yang ditawarkan terkait kesenian, literasi dan pertanian. Program tersebut bisa berhubungan dengan anak, kaum muda, perempuan penenun, kelompok tani, dsb.
2. Bersedia ikut aturan main di Lakoat.Kujawas. Karena LKJWS adalah ruang kerja kolaborasi, bukan panti asuhan. Maka yang ingin dibangun di sini adalah sebuah PROSES kerjasama, saling belajar, saling membangun, bukan sekadar antar bantuan dan foto-foto lalu selesai. Ada hal baru yang bisa ditinggalkan atau dipetik dan dibawa pulang. Teman-teman bisa berbagi sesuatu kepada warga, sekaligus belajar sesuatu dari warga. 70% aktivitas di LKJWS terkait dengan anak-anak, maka penting juga untuk sensitif dengan isu hak anak. Bisa simak aturan mainnya di sini.
3.      Karena sistemnya kerja sukarela, maka komitmen sangat penting.
4. Mengajukan ide, konsep atau sudah dalam bentuk proposal kegiatan ke lakoatkujawas@gmail.com atau whatsapp 081338037075. Bersedia untuk proposalnya direview atau didiskusikan bersama tim programmer LKJWS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar