Selasa, 13 Juni 2017

Aturan Main di Lakoat.Kujawas Terkait Kegiatan Bersama Anak


P.S Hampir 70% aktivitas di lakoat.kujawas berhubungan dengan anak, maka penting untuk paham dan sensitif terhadap isu anak dan hak-hak anak. P.S.S: Lakoat.Kujawas adalah ruang kerja kolaborasi, bukan panti asuhan. Sehingga dalam pelaksanaanya, yang terpenting adalah proses dan goal yang dilewati secara bersama-sama dan seimbang, bukan sekadar memberi dan menerima bantuan, foto-foto, pamer di medsos dan selesai.  

Yang HARUS dilakukan di Lakoat.Kujawas:

1.      Secara terbuka memuji dan mengapresiasi jika ada seseorang atau sekelompok orang baik anak maupun sesama orang dewasa melakukan hal positif atau tindakan terpuji. Yang umum dilakukan di LKJWS adalah “Tepuk Salut”.
2.      Selalu aktif menggunakan dua frasa pamungkas: “minta tolong” dan “terima kasih”.
3.      Selalu minta izin jika ingin mengambil atau meminjam sesuatu, termasuk ketika ingin memotret anak-anak.
4.      Bersikap adil dan bijaksana. Bahwa semua orang punya kesempatan dan hak yang sama.
5.      Memberikan reward/hadiah kepada anak HANYA ketika relawan dan anak telah melampaui sebuah proses kreatif secara bersama-sama atau telah menyelesaikan sebuah tugas tertentu bersama anak. Hadiah atau reward bisa berupa pujian, pelukan atau barang (yang sudah disiapkan bersama tim LKJWS).
6.      Menghormati keputusan dan kebebasan setiap individu untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu, memilih atau tidak memilih sesuatu, dst.


Yang Tidak Boleh dilakukan di Lakoat.Kujawas:

1.      Merokok di depan anak
2.      Memaki atau berkata kasar, yang merendahkan martabat orang lain
3.      Memaksa anak untuk melakukan sesuatu
4.      Pilih kasih. Hanya memperhatikan anak tertentu dan mengabaikan yang lain.
5.      Bertukar nomor HP atau informasi pribadi lainnya dengan anak
6. Menyebarluaskan foto dan identitas anak tanpa izin yang berpretensi mengancam keselamatan anak, misalnya penculikan, dsb.
7.  Mengajak anak untuk pergi dari Lakoat.Kujawas ketika kegiatan sedang berlangsung. Atau melakukan sesuatu bersama anak diluar agenda resmi yang sudah disepakati bersama dengan pengelola Lakoat.Kujawas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar