We present a concept of social enterprise/social entrepreneurship based in Mollo, Timor and utilize the natural and cultural potential for economic improvement as well as the empowerment of local communities, particularly young people. Our focus includes literacy, art-culture and the creative economy. This project involves the youth community, village library as a center for arts and culture, homestay and creative economy. It is located in Jl. Kampung Baru, No. 2, Village of Taeftob, District of North Mollo, South Central Timor, East Nusa Tenggara, Indonesia 85552. Telp./Whatsapp 081338037075. E-mail: lakoat.kujawas@gmail.com.

Rabu, 12 Juni 2019

Donasi Tas Sekolah Untuk Anak-Anak Taiftob Yang Bergiat di Komunitas Lakoat.Kujawas


Tiga tahun sudah kami bertumbuh bersama warga desa Taiftob di Mollo dan melihat banyak perubahan, terutama pada diri 120an lebih anak dan remaja yang aktif bergiat di komunitas kami, bersama dengan belasan orang muda dan bapa mama anggota kelompok tani dan tenun menghidupkan komunitas ini dengan pendekatan kewirausahaan sosial. Kami optimis bahwa komunitas ini telah melalui jalur yang dibayangkan sejak lahir tanggal 10 Juni 2016; menjadikan desa atau kampung sebagai tempat tinggal yang nyaman dengan merevitalisasi ruang-ruang kreatif ekonomi dan seni budaya, sosial dan edukasi. Tempat yang nyaman bagi semua orang, baik laki-laki maupun perempuan, anak-anak, remaja, orang muda dan orang tua. Kami berupaya mendorong lebih banyak ruang dan aktivitas-aktivitas produkti warga desa dengan harapan akan muncul kembali rasa percaya diri dan menguat kembali identitas sebagai orang Mollo. Mengajak warga secara positif melihat kembali kekuatan diri mereka, potensi kampung dan dan segala hal yang baik yang bisa dikembangkan untuk kepentingan bersama, dalam semangat solidaritas dan kerja kolaborasi.

Tiga tahun sudah kami membangun perpustakaan, kelas menenun dan menulis kreatif yang telah menerbitkan dua buku, ruang arsip dengan berbagai dokumen buku, video, foto sejarah budaya Mollo, memproduksi berbagai barang hasil pertanian dan tenunan, termasuk produk jasa ekowisata beruapa heritage trail. Berbagai lokakarya kolektif bersama warga telah berlangsung mulai dari menari bonet hingga farmentasi buah-buah lokal. Tahun ini anak-anak Lakoat.Kujawas menunjukkan prestasi yang gemilang. Semua anak-anak kelas menulis kreatif mendapat nilai Bahasa Indonesia yang bagus di ujian Nasional, beberapa karya mereka bahkan sedang ikut dalam program penerjemahan oleh penyair Khairani Barokka bersama Modern Poetry in Translation (MPT) di London, UK. Senang dan bangga sekaligus.

Terima kasih kepada banyak tangan yang selalu menolong komunitas ini. Pihak-pihak yang selalu ada bersama di sisi kiri dan kanan kami, melangkah bersama kami, memuji tanpa membuat kami besar kepala.
Tiga tahun sudah dan perjalanan ini masih akan sangat panjang. Kami terus membuka diri dan belajar. Kami selalu menunggu kawan-kawan baru untuk berbagai peluang kerja kolaborasi. Kami senang terhubung dengan Anda semua yang punya perhatian pada isu revitalisasi kampung/desa, pendidikan kontekstual, komunitas yang inklusif.

Sebagai hadiah atau reward bagi perjalanan kreatif dan inovatif warga desa Taiftob yang bergiat di Lakoat.Kujawas khususnya anak dan remaja sekaligus kado untuk ulang tahun komunitas yang ketiga 10 Juni kemarin, kami berinisiatif untuk menggalang donasi tas sekolah bagi 120 anak, member aktif di perpustakaan komunitas, yang rajin pinjam dan baca buku setiap akhir pekan.


Caranya, teman-teman yang tertarik mendonasikan tas sekolah (bisa satu buah atau lebih) langsung mengirimkannya ke komunitas kami, di Jalan Kampung Baru No. 2 Desa Taiftob Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan 85552 NTT Indonesia Tlp. 081338037075 (Dicky).
Kriteria lainnya: tas ransel sekolah berwarna hitam atau warna lainnya yang bisa dipakai laki-laki maupun perempuan usia SD maupun SMP. Donasi dalam bentuk barang (tas), atau uang. Kisaran harga tas Rp.  75,000 - 100,000

Donasi dalam bentuk uang bisa ditransfer ke rekening bank NTT 04702020020191 an CHRISTIANTK SENDA.

Donasi berlangsung tanggal 13 Juni hingga 30 Agustus 2019. Info lebih lanjut bisa menghubungi Dicky di WA 081338037075.

Semoga dengan hadiah tas sekolah ini semakin memotivasi mereka untuk terus aktif bergiat bersama, belajar keras untuk wujudkan cita-cita.



1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus