We present a concept of social enterprise/social entrepreneurship based in Mollo, Timor and utilize the natural and cultural potential for economic improvement as well as the empowerment of local communities, particularly young people. Our focus includes literacy, art-culture and the creative economy. This project involves the youth community, village library as a center for arts and culture, homestay and creative economy. It is located in Jl. Kampung Baru, No. 2, Village of Taeftob, District of North Mollo, South Central Timor, East Nusa Tenggara, Indonesia 85552. Telp./Whatsapp 081338037075. E-mail: lakoat.kujawas@gmail.com.

Minggu, 10 Februari 2019

Wujudkan Buku Tubuhku Batu, Rumahku Bulan



Kami harus menyampaikan kabar gembira ini. Dalam waktu dekat kumpulan puisi dari kelas menulis #tothelighthouse kolaborasi kami dengan SMPK Santo Yoseph Freinademetz salah satu sekolah yang ada di desa Taiftob akan segera terbit. Kami senang sebab kolaborasi hebat mengantarkan kamu pada sebuah proses yang organik, menyenangkan, penuh keseruan, menghubungkan ke banyak sekali jaringan kreatif. Kami tidak sendiri ketika bermimpi tentang sebuah kelas menulis puisi dan menerbitkan naskahnya setelah lebih dari 8 bulan melakukan proses workshop dan kurasi, mengajak kawan-kawan ilustrator terlibat, mengajak anak-ana Taiftob yang punya kemampuan gambar untuk ikutan workshop ilustrasi juga. Mengajak teman-teman musisi lokal terlibat dalam proses pengerjaan musikalisasi puisi dari salah satu puisi yang ada dalam buku terbaru kami ini. Senang sekali.


Terima kasih kepada Leopold A Surya Indrawan seorang cerpenis dan ilustrator sudah menggarap sampul buku ini. Terima kasih para relawan ilustrator lain yang terlibat bersama 6 anak Mollo, Yorim, Ayu dkk.  Ria Radja Haba, Mando Soriano, Decky Taena, Arystha Ayu Pello, Qikan.  Teman-teman Ilustrator yang sudah datang mengajari Yorim dkk, Rumah Estribi, Timor Art Graffiti dan 16Gladiator.

Tubuhku Batu, Rumahku Bulan adalah cara remaja desa Taiftob Mollo melihat realitanya: kampung, keluarga, teman, hutan, tradisi adat dan batu. Batu atau fatu adalah salah satu elemen penting bagi orang gunung, orang Mollo. Mereka yang sejak lama diserahi tanggung jawab menjaga lingkungan, merawat mata air dan menjaga hutan. Fatu yang muncul bukan saka dalam narasi legenda kampung, natoni atau sapaan dalam bahasa adat namun juga muncul dalam situs penting yang terkait dengan marga atau family name orang-orang Mollo. Mereka menyebutnya faut kanaf atau batu nama, batu yang merujuk ke identitas salah satu klan atau marga. Rencananya buku ini akan diterbitkan Dusun Flobamora. Kami mengajak Anda hingga tanggal 13 Februari memilih satu dari empat gambar untuk kami jadikan sampul buku.

Kami juga mengajak Anda sekalian untuk ikut dalam proses crowdfunding untuk mendukung proses cetak buku ini. Ada beberapa tawaran:


  1. Dengan ikut donasi MINIMAL Rp. 150,000 sudah mendapat satu eksemplar buku Tubuhku Batu, Rumahku Bulan (free ongkos kirim). 
  2. Doasi minimal 250K, sudah mendapat 1 eksemplar buku dan 1 t-shirt Tubuhku Batu Rumahku Bulan. Sudah termasuk ongkos kirim.
  3. Donasi minimal 500K akan mendapat paket buku terbitan Lakoat.Kujawas (Berawal dari Tanda Salib di Rumah Sang Klerk, Dongeng dari Kap Nam To Fena dan Tubuhku Batu, Rumahku Bulan) plus paket produksi kewirausahaan sosial: kopi Mollo, sambal lu'at, tepung jahe dan syal tenun. 
  4. Pilihan lainnya bagi yang ingin donasi sekalian beli baju kaos Tumbuhku Batu Rumahku Bulan. 175K sudah termasuk donasi dan ongkos kirim. Cek pilihan desain kaos berikut. 






Rekening BRI atas nama

Jeremias Sora Kewohon (Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph Freinademetz)


473201014050531

Info lebih lanjut atau konfirmasi donasi via WhatsApp 081338037075.



1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus